KUMPULAN MAKALAH EKONOMI SYARI'AH (STAI) NATUNA

Jumat, 26 Oktober 2012

Pulau Kambing_Natuna

Pulau Kambing
Pada libur panjang menjelang perayaan imlek saya mencoba menikmati ritual wisata ke Pulau Kambing. Letak Pulau Kambing ini berada di Kecamatan Bunguran Timur Laut Kabupaten Natuna. Sebenarnya tempat ini bukanlah sebuah pulau yang tersendiri hingga di namakan Pulau, hanya saja daratan yang dipisahkan oleh sungai.

    Pada tahun 2003 s/d 2005 tempat ini termasuk tempat rekreasi yang sering di kunjungi masyarakat Natuna. Namun saat ini Pulau Kambing sudah jarang dikunjungi, hal ini di sebabkan beberapa faktor yaitu:
  1. Letaknya terlalu jauh, Jarak tempuh menuju Pulau Kambing dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat memakan waktu ± 1 jam/60km dari kota Ranai.
  2. Pulau kambing searah dengan pantai tanjung yang relatif lebih dekat.
  3. Walau jalan raya saat ini sudah beraspal namun untuk pintu masuk Pulau kambing anda harus melewati jalan yang rusak parah dimana medan yang berpasir menyebabkan sulitnya kendaraan roda dua melewati jalan tersebut.
  4. Pantainya kurang bersih, hal ini di sebabkan sampah laut yang naik dibibir pantai.
  5. Sepi atau jauh dari rumah penduduk.
Pada tahun 2008 yang lalu pulau kambing pernah di lirik oleh investor asing untuk di jadikan tempat wisata seperti dibangunnya resort dan perhotelan namun sayang rencana tersebut tidak terealisasi. Padahal Dari pihak Pemda Kab. Natuna bersedia memberi kemudahan perizinan dan menyiapkan lahan untuk pembangunan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar